KATEGORI

Sunday, February 10, 2019

Program Posyandu Desa Lumbangsari Kabupaten Malang


PROGRAM POSYANDU DESA  LUMBANGSARI KABUPATEN MALANG

            Pemerintah khususnya di Indonesia peduli dengan kesehatan masyarakatnya. Banyak upaya untuk menjaga kesehatan pada masyarakat. Banyak upaya untuk mengatasi kesehatan penduduk yang lebih terjangkau khususnya untuk masyarakat yang menengah ke bawah. Salah satu yang menjamin kesehatan ibu dan bayi maupun lansia adalah Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu. Yaitu kegiatan yang berperan dalam bidang kesehatan dan diawasi serta dilaksanakan oleh pihak yang terkait. Biasanya, mereka bekerjasama dengan dokter maupun bidan yang manangani jalannya kegiatan Posyandu.
            Di Indonesia, Posyandu telah banyak tersebar di berbagai daerah. Salah satunya yaitu di Desa Lumbangsari. Posyandu ini dilaksanakan rutin yang terjadwal. Namun di Desa lansia dan remaja juga termasuk dalam wadah Posyandu khususnya bagi penduduk sekitar Desa Lumbangsari. Lumbangsari ini Posyandu bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak dan ibu saja, tetapi juga remaja dan lansia.
            Kegiatan Posyandu dibedakan menjadi 3 waktu yaitu untuk balita, lansia, dan remaja. Untuk balita, biasanya Posyandu akan masuk ke sekolah-sekolah TK ataupun PAUD yang telah tersebar di sekitar Desa Lumbangsari. Kegiatan yang dilakukan juga bermacam-macam. Mulai dari menimbang berat badan, mengukur tinggi, maupun memberi obat atau vitamin yang dibutuhka. Itu semua diberikan sesuai dengan anjuran dokter. Untuk remaja, Posyandu biasanya memberikan vitamin untuk menambah darah saja karena menurut warga, kegiatan Posyandu untuk remaja tidak terlalu antusias seperti balita dan lansia. Karena kebanyakan dari masyarakat Desa Lumbangsari khususnya remaja, mereka memiliki banyak kegiatan seperti bekerja dan sekolah sehingga mereka tidak dapat rutin mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pemerintah maupun dalam desa itu sendiri.


No comments:

Post a Comment