KATEGORI

Sunday, February 10, 2019

Gotong Royong Desa Lumbangsari


GOTONG ROYONG

Gotong royong merupakan kegaiatan yang dialakuakan secara bersama sama oleh suatu kelompok masyarakat untuk mewujudkan cita cita dan rencana yang telah disusun sebelumnya. Dalam gotong royong masyarakat saling bahu membahu dalam mencapai tujuan. lumbangsari sebagai desa yang madep mantep lan menetep. Mayoriatas pekerjaan di desa ini adalah sebagai buruh borongan pabrik gula meskipun tidak sedikit yang pergi keladang pertanian dan sebagai teknisi pabrik, pasca periode pengilingan masyrakat lumbangsari kembali ke perkerjaannya sehari hari. Banyak dari mereka yang berkegiatan meramaikan dan mendadani lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh dalam proses pembangunan rumah, merayakan hari besar islam maupun nasional.
Sebagai contoh RT 2 yang meruakan salah satu RT percontoan di desa lumbangsari. Sebagai percontohan Rt 2 banyak menghasilkan produk produk sosial yang dapat menjadi teladan bagi warga di RT RT yang lainnya. Kebiasaan yang biasa dilakukan oleh masyaratkat rt 2 adalah selalu menjaga kerykunan dengan caara tolong menolong sesame warga. setipa ada warga yang memebangun rumah, biaasanya di garap bersama sama oleh rukun warga setempat. Artinya  pemilik rumah hampir tidak pernah meembooking tukang dari luar semua pekerjaan dilakukan oleh masyarakat RT 2 secara bergotong royong.
Contoh kecilkegiatannya adalah bersih bersih lingkungan, pembuataan pojok toga, semua dilakukan secara gotong royong. Biasanya gotong royong dilakukan di pagi hari sampai dengan siang hari , namun masyarakat lumbang melakukannya pada malam hari dengan  pojok rt menjadi pusat kegiaatan.  Contoh lain yang bisa merekatka keguyuban adalah sistem boyongna, semisal ada tanggapan atau undangan atau bahasa kerennya proyek ketua RT mengajak warganya untuk menggarap bersama sama dengan demikian warga RT 2 menjadi warga yang produktif dan kekeluargaannnya erat.di lumbang sari terdapat 13 rt ang terbagi menjadi 3 rw atau dusun. Sidoaji, sidomukti, dan dusun sidomulya merupakan nama nama dusun. Dusun adalah pembagian geografis suatu daerah yang menyudsunelemen desa. Jadi dusun ,erupakan pembagian dari desa. Setiap dusun di ketuai oleh kasun (ketua dusun), setiapkasun terdiri dari beberapa RW  dan RW terdiri oleh beberapa rt masyaraat lumbangsari sangat gemar bergotong royong . hal itu terbukti  pada saat penggarapan pojok desa saah satu pusatnya terdapat di rt 2.
Tidak hanya menyangkut barang bersama dalam hal kepemilikan pribadi pun masyarakat lumbang  khususnya  RT 2 tanpa sungkan sungkan membantu, contoh  seperti gambar disamping (perbaikan monil warga yang mogok). Ada gambar disamping menunjukkan keguyuban di rt tsb. Di lumbang tidak ada jadwal jaga malam  karenakan masyarakat kembang gemar jagongan dan gemar berkumpul samapai dengan  larut malam mereka menjadikan pojok kampung untuk bercengkrama, selameta, rapat awarga, dan pelaksanaan kegiatan kegiatan tahunan. Seperti kegiatan agustudsan , tahubn baruan  dll. Keuntungan adanya pojok desa adalah ketua grt tidak perlu repot repot mengumpulkan warga dikarenakan waarga desa sudah otomatos berkumpul  dipojok desa tsb. Penyampaian hasil rapat di pojok kampung disamaikan pada tahlil tahlil awarga yang baisa dilaksanaakan pada maalam jum’at b’da solat maghrib. Atau kalua menyangkut desa akan disampaikan di masjid ketihka sol jaamaah jum’at. Jiwa gotong royong di deas lumbang sari memangsangat kental harapannya d, jiawa jiwa yang spt ini dalpat menular ke seuruh RT dan RW yang ada di desa lumbangsari kalua bisa menjadi dsa percontohan abagi desa di sekitarnya.



No comments:

Post a Comment